CPNS 2021 Kouta diperkecil saingan maha berat

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo ingin menekan jumlah penerimaan CPNS 2021. Sebab....

CPNS 2021 Kouta diperkecil saingan maha berat

20/11/2020

CPNS 2021 Kouta diperkecil saingan maha berat

Berdasarkan rilis terbaru Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo ingin menekan jumlah penerimaan CPNS 2021. Sebab, menurut Tjahjo, perkembangan teknologi informasi saat ini harus dapat dimanfaatkan secara optimal untuk melaksanakan tata kelola pemerintahan yang efisien dan praktis.

Praktis hal ini akan mendorong tenaga ASN akan semakin sedikit. Karena instansi pemerintah akan memanfaatkan teknologi terbaru untuk efektifitas dan daya saing. "Kebutuhan kementerian/lembaga daerah mengenai ASN akan di tekankan sesuai kebutuhan. Kalau pensiun 100, tidak harus terima ASN 100. Kalau memang harus dua, harus satu... malah karena dengan sistem e-government ini akan bisa kita mempraktiskan tata kelola pemerintahan,"

Tjahjo menuturkan, saat ini banyak formasi pegawai yang tergantikan dengan teknologi informasi, lantaran pada era kenormalan baru diharuskan meminimalisasi tatap muka. Kemudian, hal tersebut menjadi tren dan digunakan hampir di setiap lembaga. Dengan demikian, kebutuhan pegawai tak lagi sebanyak dahulu dan kinerja lembaga menjadi lebih efisien. "Dengan pendekatan teknologi informasi, sebagian pekerjaan dapat dialihkan ke dalam sistem, sehingga kebutuhan nyata pegawai tidak sebanyak kebutuhan yang diinginkan," kata Tjahjo.